Senin, 25 Agustus 2014

KARYA ILMAH 1

KARYA ILMIAH
D
I
S
U
S
U
N
OLEH :
NAMA                          : TRIKDINO DASRIL
NISN                             : XII AKUNTANSI
ASAL SEKOLAH        : SMK NEGERI 1 SEKAYU

KEMENTRIAN PENDIDIKAN NASONAL
SKM NEGERI 1 SEKAYU KABUPATEN MUSI BANYUASIN
TAHUN AJARAN
2014
KATA PENGANTAR

Puji Syukur kami panjatkan ke-hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat dan karunia-Nya, karya ilmiah ini dapat terselesaikan dengan baik, tepat pada waktunya.
Dalam penyelesaian karya ilmiah ini, kami banyak mengalami kesulitan, terutama disebabkan oleh kurangnya ilmu pengetahuan yang menunjang. Namun, berkat bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak, akhirnya karya ilmiah ini dapat terselesaikan dengan cukup baik. Karena itu, sudah sepantasnya jika kami mengucapkan terima kasih kepada:
  1. Susnila S.Pd selaku Kepala sekolah SMK Neger 1 Sekayu
  2. Bapak Suwandi S.H yang tidak lelah dan bosan untuk memberikan arahan dan bimbingan kepada kami setiap saat.
  3. Narasumber terpecaya dalam penelitian ini yang sudah banyak membantu, Keluraga besar Juliana Tanjung atas kesediannya memberikan waktu untuk melakukan pengamatan, Fraida, Novi dan Yanuar atas wawancaranya, serta semua pihak yang ikut membantu dalam pencarian data dan informasi, baik secara langsung maupun tidak langsung, cetak maupun elektronik, yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu. Terima kasih atas semuanya.
Kami sadar, sebagai seorang pelajar yang masih dalam proses pembelajaran, penulisan karya ilmiah ini masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan adanya kritik dan saran yang bersifat positif, guna penulisan karya ilmiah yang lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Harapan kami, semoga karya ilmiah yang sederhana ini, dapat memberi kesadaran tersendiri bagi generasi muda bahwa kita juga harus mengetahui adat dan kebudayaan dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia, karena kita adalah bagian dari keluarga besar bangsa Indonesia tercinta.

 Penyusun
Trikdino Dasril

ABSTRAK
Karya ilmiah yang berjudul Bakul Tangkal Lintas Sejarah Kerajaan Sriwijaya dan Candi Borobudur ini membahas tentang kebudayaan Kabupaten Musi Banyuasin, yang terkadang sering luput dari pandangan kita sebagai Warga Negara Indonesia. Bagaimana perkembangannya dari tahun ke tahun apakah mengalami perbedaan secara adat karena perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ataukah tetap berjalan seperti dahulu serta dapatkah seni kerajanan ini bertahan atau tetap dijaga keberadaanya (mulai terbentuknya).

Tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah untuk memberitahukan kepada orang banyak tentang etos, Kesenian dan kebudayaan dari Bakul Tangkal, agar mereka semua dapat mengetahui dan Memaknai kebudayaan Kabupaten Musi Banyuasin di Propinsi Sumatera Selatan.

Metode yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah ini adalah dengan melakukan Studi Pustaka. Kami mencari bahan-bahan tentang kebudayaan Kabupaten Musi Banyuasin lewat Internet, juga melalui buku-buku ensiklopedia tentang kebudayaan dan keanekaragaman kesenian di Indonesia. Tidak hanya itu, untuk memperkuat penelitian ini, kami juga melakukan pengamatan secara langsung dengan salah satu keluarga pengerajin Bakul Tangkal di Desa Keluang  selama dua hari. Dengan ikut memperhatikan dan mempraktekan langkah – langkah pembuatan bakul tangkal ini. Kami juga melakukan wawancara, baik secara langsung kepada warga sekitar maupun dari bapak sutoyo selaku pengerajin Bakul Tangkal ini.

Berdasarkan hasil penelitian, kami mengetahui bahwa Kesenian dari Kabupaten Musi Banyuasin ternyata masih berbau adat leluhur yang kental dengan nilai dan norma-norma istiadat seadri dulu. Ini terus berlangsung sampai sekarang. Tetapi kerap dengan perubahan dan kemajuan teknologi, Kesenian Bakul Tangkal ini jarang diminati lagi.


BAB 1
PENDAHULUAN



A. Latar Belakang Masalah

Indonesia adalah salah satu negara kepulauan yang memiliki banyak wilayah yang terbentang di sekitarnya. Ini menyebabkan keanekaragaman suku, adat istiadat dan kebudayaan serta Kesedian tradisional dari setiap Propinsi dan Kabupaten diwilayahnya. Hal ini sungguh sangat menakjubakan karena biarpun Indonesia memiliki banyak wilayah, yang berbeda suku bangsanya, tetapi kita semua dapat hidup rukun satu sama lainnya.

Namun, sungguh sangat disayangkan apabila para generasi penerus bangsa tidak mengtehaui tentang kebudayaan dan Kesenian dari setiap propinsi dan Kabupaten yang ada. Kebanyakan dari mereka hanya mengetahui ataupun cukup mengerti tentang kebudayaan dan Kesenian dari salah satu propinsi  yang ada di Indonesia, itu juga karena pembahasan yang sering dibahas selalu mengambil contoh dari kesenian dan kebudayaan yang sudah dipelajari.

Propinsi Sumatera Selatan adalah salah satu Propnsi di Indonesia yang terletak di kepulauan Sumatra. Banyak yang tidak mengetahui bahwa di Kabupaten Musi Banyuasin mempunyai banyak kesenian dan kebudayaan menarik yang dapat dijadikan ”berita utama”, tetapi amat disayangkan bahwa yang sering sekali di ekplorasi adalah wilayah-wilayah tetangganya; seperti Sumatra Barat (Padang) dan Sumatra Utara (Batak). Untuk itu, kami disini ingin menyajikan liputan yang tidak kalah menarik, yang berasal dari Kota Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin.





B. Identifikasi Masalah

Melihat semua hal yang melatarbelakangi Kebudayaan dan Kesenian di Kabupaten Musi Banyuasin maka, kami menarik beberapa masalah dengan berdasarkan kepada :
  1. Kurangya perhatian dari masyarakat kebanyakan pada kebudayaan dan Kesenian. Sehingga kurangya pengetahuan masyarakat tentang Kerajinan Tradisional Khususnya Bakul Tangkal
  2. Kurangnya  perhatian dari pemerintah untuk ,melestarikan kesenaian dan kebudayaan serta kerajinan tradisional.
  3. Hubungan bakul tangka dengan kerajaan sriwijaya dan candi borobudur?

C. Pembatasan Masalah
Karena cangkupan kebudayaan dan Kesenian yang begitu luas dan meliputi berbagai aspek kehidupan, maka kami hanya membataskan penelitian dari segi latar belakang dan prosese pembuatan kerajinan Bakul Tangkal ini dan hubungan bakul tangkal dengan kerajaan sriwijaya dan borobudur,Serta perkembangnnya sampai dengan sekarang ini.
D. Perumusan Masalah
Atas dasar penentuan latar belakang dan identiikasi masalah diatas, maka kami dapat mengambil perumusan masalah sebagai berikut:
”Bagaimana Unsur Kebudayaan dan Etos Kerajinan Bakul Tangkal ini serta Perkembangannya sekarang ini ?”
E.Kegunaan Penelitian
Kegunaan penelitian ini adalah sebagai informasi bagi masyarakat Indonesia termasuk didalamnya adalah pengajar dan pelajar agar lebih memahami tentang Kebudayaaan dan kerjainan Tradisional Khususnya Bakul Tangkal Kerajnan Tradisional dari Kabupaten Musi Banyuasin di Indonesia.
F. Tujuan Penulisan

Penelitian ini dilakukan untuk dapat memenuhi tujuan-tujuan yang dapat bermanfaat bagi para remaja dalam pemahaman tentang Kebudayaan dan Kerajanan Kabupaten Musi Banyuasn di Indonesia. Secara terperinci tujuan dari penelitian ini adalah:
  1. Mengetahui sampai sejauh mana pengetahuan masyarakat tentang kebudayaan Kabupaten Musi Banyuasin ?
  2. Mengetahui sampai sejauh mana perkembangan kebudayaan dan Kerajinan Bakul Tangkal Kabupaten Musi Banyuasin ?
  3. Megetahui hubungan antara bakul tangkal dengan kerajaan sriwijaya dan candi borobudur ?

G. Metode Penulisan
Untuk mendapatkan data dan informasi yang di perlukan, penulis mempergunakan metode observasi atau teknik pengamatan langsung ke tempat pengerajin Bakul Tangkal, teknik wawancara, dan teknik studi kepustakaan atau studi pustaka. Tidak hanya itu, kami juga mencari bahan dan sumber-sumber dari media masa elektronik yang berjangkauan internasional

H. Hipotesis
Penelitian ini dilakukan berangkat dari keyakinan penulis setelah cukup melakukan pengenalan secara meluas terhadap masalah yang diangkat. Adapun keyakinan atau hipotesis tersebut adalah “Kurangya pemahaman masyarakat terhadap kabudayaan dan keseniana kabkab.Mus bayuasn  di Indonesia yang sering luput dari perhatian mereka” Hal ini, menjadi salah satu faktor yang paling dominan untuk dapat dikatakan sebagai “penyebab”.

I. Waktu dan Lokasi Penelitian
Penelitian ini dilakukan Di Desa tebing bulang kec.sungai keruh kab.Musi Banyuasin dalam jangka waktu 2 hari. Dimulai dari pengumpulan data, kegiatan lapangan hingga penulisan hasil akhir penelitian.



J. Sistematika Penulisan
Pada karya ilmiah ini, akan dijelaskan hasil penelitian dimulai dengan bab pendahuluan. Bab ini meliputi latar belakang masalah, identifikasi masalah, pembatasan masalah, perumusan masalah, kegunaan masalah, tujuan penelitian, metode penelitian, hipotesis, waktu dan lokasi penelitian, sampai terahir kepada sistematika penelitian. Dilanjutkan dengan bab ke dua yang berisi tentang kerangka teoritis yang terdiri dari beberapa definisi yang dikemukakan oleh beberapa tokoh ahli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Translate

Bulletin Metropolis

Powered By Blogger